Ratna Lestari. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Yoga



Yoga itu Sehat Jasmani dan Rohani
Cara Melakukan
1.  Duduklah diatas tumit anda dengan posisi duduk ala jepang , Bernafaslah  secara teratur.
2.   Raihlah bahu kanan anda dengan tangan kanan dari bagian atas punggung.  Tahan siku anda mengarah keatas dan jangan mengarah kebawah, dan lengan rapat dengan telinga.
3.   Dengan menggunakan tangan kiri, raihlah keatas dari bagian bawah punggung, dan genggamkan jari tangan kiri dengan jari tangan kanan. Pertahankan postur tubuh yang tegak secara alami dan bernafaslah secara teratur selama latihan.
4.   Tahan posisi selama anda mampu. Jangan tahan nafas anda.
5.   Kembali keposisi semula. Angkat bahu anda beberapa kali atau putar jika anda mau. Istirahatlah sebentar.
6.   Ulangi langkah 2 hingga 5, tukarposisi tangan dengan lengan anda (tukar istilh kiri dengan kanan dan sebaliknya pada instruksi diatas).

Anda dapat mempraktekkan postur kepala sapi sambil berdiri., duduk diatas bangku atau pada posisi duduk dengan kaki terlipat. Jika anda tidak bias menggenggamkan jari jemari anda seperti yang dijelaskan dalam langkah 3, gunakan scarf, tali pinggan atau benda yang sesuai lainnya sebagai penggantinya. Lemparkan salah satu ujung benda tersebut melintasi bahu anda yang dan gapai dari belakang punggung untuk mrnakap ujung lainnya. Tari keatas  dengan tangan yang berada diatas dan tarik kebawah dengan tangan yang berada dibawah.
Keuntungan:
Postur ini sangat baik untuk membantu mencegah ketegangan pada sendi bahu, lengan dan kaki, dan dengan demikian menjaganya agar tetap fleksibel. Posisi ini juga sangat tepat untuk menindak balas pengaruh buruk dari kebiasaan postur tubuh yang tidak baik. Membiasakan postur tubuh yang baik merupakansalah satu langkah positif yang diambil untuk mendapatkan dan mempertahankan kesehatan seutuhnya.

Postur Lurus
Cara Melakukan:
1. Berabringlah melentang, denagn kaki yang rapat dan tangan berada disamping tubuh anda. Anda dapat menutup mata atau dibiarkan terbuka. Bernafaslah secara teratur.
2. saat menarik nafas, sapukan tangan anda kesamping dan kemudian keatas kepala hingga tangan meregang lurus sepenuhnya; satukan telapak tangan anda, jika bias. Pada saat yang bersamaan, regangkan badan dan kaki anda sewnyaman mungkin; tarik ujung jari kaki keatas dan dorong tumit kebawah.
3. Tahan posisi ini selama beberapa detik tapi jangan tahan nafas anda.
4. Hembuskan nafas dan kembali keposisi semula . Istirahat.
 Anda dapat mengulangi latihan ini sekali pada saat itu, dan sekali lagi setelah latihan selesai. Anda juga dapat melakukan latihan ini dalam posisi berdiri, dengan menyesuaiakan instruksi yang diberikan.

Keuntunagn:
Postur tubuh ini menyediakan peregangan seluruh tubuh yang membantu meningkatkan kesehatan otot-otot tulang. Latihan ini juga dapat meningkatkan keluwesan tubuh, meningkatkan sirkulasi dan menghalangi terjadinya penimbunan lemak, khususnya disekitar pinggang.

Postur Ikan
Peringatan:
Hindari latihan postur ikan ini jika anda menderita hernia pada perut atau rasa sakit pada leher, atau jika anda menderita sakit kepala, pusing-pusing atau masalah keseimbangan. Hindari juga latihan ini pada 3 hari pertama menstruasi, dan tanyakan pada dokter anda jiak anda memiliki masalah kelenjar gondok dan bermaksud untuk mempraktekkan postur ini.
Cara Melakukan:
1. Berbaringlah melentang dengan kaki yang lurus dan kedua tangan disamping tubuh dengan telapak tangan menghadap kebawah.
2. Tekukkan tangan anda, dorong dengan siku, dan angkat dada anda dari atas alas sambil melengkungkan punggung anda.
3. Dengan hati-hati, regangkan leher anda dan turunkan kepala kearah bahu; letakkan puncak kepala diatas alas. Sesuaikan posisi anda sehingga sebagian besar berat badan tertumpu pada pantat dan siku, dan bukan pada kepala dan leher.
4. Tahan posisi ini selama beberapa detik untuk latihan pertama, bernafas dengan perlahan dan sedalam mungkin. Tahan posisi ini lebih lama lagi jika anda mulai terbiasa dengan latihan ini.
5. Dengan perlahan dan hati-hati kembali keposisi semula. Istirahat.
Catatn:
Gerakan menekan lutut sambil terlentang ini merupakan posisi yang baik untuk melonggarkan otot tubuh setelah mempraktekkan postur ikan.

Keuntungan:
Postur ikan merupakan latihan baik bagi orang yang menderita asma dan masalah pernafasan lainnya.
Melalui pijatan dari dalam dan perenggangan pada bagian tengah tulang punggung, latihan ini juga mempengaruhi kesehatan organ-organ didalam perut dan pinggul, serta efektif untuk mengatasi sembelit.

Sikap Ketegangan
Cara melakukan:
1. Berbaringlah dengan nyaman didalam ruangan yang hening, pejamkan mata anda. Jangan rapatkan gigi anda untuk melemaskan rahang dan untuk menghasilkan pernafasan yang halus dan teratur. Renggangkan kaki anda untuk mengurangi tekanan pada paha dan pinggul. Gerakkan tangan anda menjauh dari samping tubuh untuk mencegah berkumpulnya tekanan pada bahu. Balikkan telapak tangan menghadap keatas. Tempatkan kepala anda pada posisi dengan kenyamanan maksimum dan dengan tekanan yang minimum.
2. Dorong tumut anda menjauh dari tubuh, sehingga ujung jari kaki mengarah pada anda. Pertahankan tekanan pada otot ini selama berapa detik. Sekarang lepaskan tekanan dan biarkan kaki anda santai diatas alas.
3. Tekankan pantat anda denagn kuat. Tahan. Lepas.
4. Hembuskan nafas dan dengan kuat tekankan bagian bawah punggung pada alas. Ketatkan otot perut anda. Tahan selama anda mampu. Lep[askan sambil menghembuskan nafas.
5. Tarik nafas dalam-dalam dan tekankan bidang bahu anda bersaman. Tahan sambil tetap bernafas secara teratur. Lepaskan sambil menghembuskan nafas.
6. Angkat bahu anda, seolah-olah akan menyentuhkan ke telinga. Tahan. Lepas.
7. Dengan hati-hati miringkan kepala anda ke belakang. Tahan. Lepas.
8. Dengan perlahan miringkan kepala anda kedepan, arahkan dagu kedada. Tahan. Lepas.
9. Naikkan alis mata anda, Tekankan kening anda untuk membentuk kedutan yang horizontal. Tahan. Lepas.
10. Tekan mata anda agar sedikit tertutup. Tahan. Lepas.
11. Hembuskan nafas, buka mata dan mulut anda; julurkan lidah keluar; belalakkan mata; tekan semua otot wajah. Tahan. Lepas. Sekali lagi, Pejamkan mata anda.
12. Sekarang piundahkan perhatian anda pada lengan dan tangan. Tegangkan lengan dan tangan anda; kepalkan tangan dengan kuat; angkat dari atas alas. Tahan. Lepas. Sekali lagi, lemaskan tangan anda disamping tubuh.
13. Sekarang alihkan perhatian pada pernafasan anda. Setiap kali anda menghembuskan nafas, biarkan tuibuh anda lebih merapat diatas alas, dengan melemaskan tubuh. Setiap kali anda mengambil nafas, bayangkan masuknya kekuatan positif, seperti kedamaian dan kesehatan. Luangkan beberapa menit untuk melatih bagian ini.
14. Jika anda telah siap untuk mengakhiri latihan, gerakkan diri anda keluar dari keadaan santai yang telah anda capai dalam cara yang bertahap. Regangkan tungkai dan lengan dengan santai dan lakukan gerakan halus lainnya yang anda inginkan. Jangan pewrnah bangun secara mendadak.
Catatan:
Ini merupakan teknik dasar. Masih terdapat beberapa variasi lainnya dan hanya latihan yang akan mengajarkan versi yang sesuai untuk anda. Anda dapat mempraktekkan sikap ketegangan diatas tempat tidur jika anda merasa tidak enak badan, atau diatas kursi yang rendah. Modifikasikan instruksi latihan sesuai posisi anda.

Postur Buaya
Cara Melakuakn:
1. Berbaringlah melentang, dengan kaki yang diluruskan sepenuhnya dan direnggangkan senyaman anda.
2. Lipat tangan anda dan rebahkan kepala anda diatas tangan, Pejamkan mata dan bernafaslah secara teratur.
3. secara praktis, rasakan tubuh anda mulai jari kaki ke kepala, berkonsentrasi pada bagian tubuh satu per satu, memberikan saran pada bagian untuk melepaskan tekanan dan bersantai sepenuhnya. Lakukan hal inipada otot kaki, tungkai, pinggul, bagian atas punggung, perut, dada, lengan dan tangan, leher, kepal dan wajah.
4. Jika pikiran anda terpecar, perlahan-lahan satukan kembali dan teruskan latihan.
5. akhiri latihan dengan melakukan pernafasan yang perlahan dan teratur selama beberapa menit, membiarkan tubuh merapat sepenuhnya diatas kepala, setiap kali anda menghembuskan nafas.
6. bergulinglah kesamping dan gunakan tangan untuk membantu anda berdiri.

Perenggangan Punggung
Peringantan:

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar